Cara menangkar burung lovebird

Burung lovebird merupakan salah satu burung yang paling banyak di tangkarkan di indonesia. Daya tahan tubuh nya bagus, nilai jual nya stabil, perawatannya mudah dan target pasarnya lebih luas. pangsa pasar lovebird juga tak hanya terbatas pada penggemar kicau saja, untuk hewan peliharaan atau sekadar kelangenan di rumah pun, burung lovebird terbilang cukup bagus. sehingga tak salah bila pilihan tangkar-menangkar, lovebird merupakan pilihan terbaik. 

Untuk menangkar burung lovebird sebenarnya cukup mudah, sepanjang sobat benar-benar memahami karakter burung satu ini. terutama tentang kelamin lovebird, umur lovebird dan kesehatan kandang tentu nya.

menangkar burung lovebird


Cara menangkar burung lovebird

1. Siapkan sepasang burung lovebird yang telah berjodoh dan matang dewasa
Berjodoh disini bukan hanya katanya ya sob......soal nya banyak pedagang burung yang ngaku-ngaku berjodoh padahal sebenarnya tidak. 

2. Siapkan kandang beserta glodoknya
Setelah sobat mendapatkan lovebird sepasang dan matang dewasa, sobat tinggal menyiapkan kandang beserta glodoknya sebagai tempat lovebird bertelur dan mengerami telur-telunya. Jaga kebersihan kandang tangkaran sebaik mungkin, karena bagi lovebird kandang tersebut adalah rumah bagi mereka. Posisikan juga letak kandang lovebird pada tempat yang tenang dan teduh agar lovebird kesayangan kita merasa tenang dan nyaman dalam berkembang biak. bagi lovebird tempat tersebut adalah rumah mereka, tempat mereka dan anak-anak mereka. kenyamanan adalah faktor yang wajib. 

3. Siapkan bahan penyusun sarang
Dialam liar lovebird akan mengumpulkan berbagai jenis bahan untuk dibuat sarang, seperti dedaunan kering, ranting, potongan dahan, rumput-rumput kering serta bahan lainnya. tetapi agar proses penyusunan sarang tersebut lebih cepat sobat bisa memasukan serutan kayu atau sebuk kayu sebagai dasar sarang dan digabung dengan potongan-potongan kertas. fungsi serbuk kayu dan potongan kertas adalah sebagai media untuk menjaga kodisi sarang agar selalu tetap kering, sehingga kelembapan ataupun kadar air yang berlebihan didalam sarang bisa diserap oleh serbuk kayu dan potongan kertas. bahan-bahan tersebut dimasukan ke dalam glodok dengan ketebalan 3-5 cm. setelah itu letakan serutan sabut kelapa, potongan kulit jagung kering atau ranting-ranting kecil disekitar kandang. tebarkan saja disekitar kandang, hal ini kita lakukan untuk memancing sifat alamiah lovebird untuk menyusun sarangnya sendiri. ketika lovebird menyusun sarang biasanya lovebird akan mengangkut bahan-bahan yang sudah kita tebar disekitar sarang kedalam glodok tempat dia bertelur.

4. Menjaga kebersihan sebaik mungkin
kebersihan sangkar sangatlah penting, cek selalu secara berkala kebersihan dan kesehatan sangkar lovebird. terutama cepuk makanan dan minuman.

Aneka jenis metode menangkarkan lovebird

1. Menangkar lovebird dengan sistem koloni
Untuk menangkarkan lovebird dengan sistem koloni, sobat perlu lokasi dan besar kandang yang cukup luas. Konsepnya adalah lovebird dipelihara dan ditangkarkan dalam kandang yang luas dengan kondisi yang semirip mungkin seperti di alam bebas. Masukan aneka jenis lovebird yang sudah dewasa dan siap produksi ke dalam kandang koloni. Setelah itu lovebird yang siap produksi akan memilih pasangan jodoh nya sendiri. Biasanya metode ini di lakukan untuk jumlah lovebird yang banyak dan lokasi penangkaran yang cukup luas.

2. Menangkar lovebird dengan sistem soliter
Sistem soliter disini maksudnya adalah lovebird ditangkarkan per pasang untuk satu kandang. Jadi satu pasangan ya satu kandang, jika sobat memiliki 10 pasang berarti butuh 10 kandang. Biasanya metode ini dilakukan pada lokasi tangkaran yang terbatas tempatnya. Kadang-kadang penangkar khusus lovebird warna menggunakan metode ini untuk menjaga kualitas generasi serta warna lovebird tangkarannya. 

3. Menangkar lovebird dengan sistem poligami
Setiap kandang biasanya diisi dengan rasio jantan dan betina dengan ukuran khusus. bisa 1 jantan : 2 betina, bisa juga 1 jantan : 3 betina. 

Fokus tangkaran lovebird

Setelah mengetahui cara serta metode menangkarkan lovebird, biasanya para penangkar menyusun fokus target penangkarannya. 
1. Penangkaran Khusus mencetak lovebird warna
Untuk jenis ini biasanya penangkar melakukan sistem breeding dengan aneka jenis warna lovebird. artinya indukan yang masuk ke dalam tangkaran merupakan indukan-indukan pilihan. Terutama dari segi warna, jenis, body lovebird serta trah keturunannya. Para penangkar biasanya lebih fokus ke arah mencetak warna-warna cantik serta body lovebird yang aduhai.......

2. Penangkar khusus mencetak lovebird ngekek
Untuk jenis ini, biasanya penangkar akan mengumpulkan materi-materi kekek'an dengan durasi-durasi panjang. tidak peduli hijau atau warna apa, sepanjang lovebird tersebut ngekek panjang dan berprestasi maka layak masuk dalam kandang tangkaran. Fokus utamanya adalah mencetak lovebird-lovebird berprestasi untuk tampil di lapangan gantang. 
Semoga bermanfaat ya.

3. Penangkaran khusus jual beli
Untuk jenis ini, biasanya fokus utamanya adalah hanya untuk jual beli atau pengisi kios burung. Tidak peduli warna, tidak peduli kualitas, pokoknya masukan ke kandang tangkaran. yang terpeting adalah produksi dan bisa di jual anakannya.

Semoga bermanfaat ya.


Comments